MAKALAH UPRAK KELOMPOK 2 (XII IPS 2)
RUMAH ADAT JOGLO
Makalah ini disusun untuk memenuhi Ujian Praktik
mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Kewirausahaan
Anggota Kelompok
Brigita Dewi Paramita XII
IPS 2 / 07
Cynthia XII IPS 2 / 13
Franzeska Putri Wheina XII
IPS 2 / 19
Gracia Stefani XII IPS 2 / 20
SMA SANTA MARIA SURABAYA
Jl. Raya Darmo 49 Surabaya
TAHUN 2017
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami haturkan ke hadirat
Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkatnya kami dapat menyelesaikan makalah
ujian praktik. Ujian praktik kali ini merupakan gabungan dari tiga mata
pelajaran yaitu TIK, Bahasa Indonesia dan muatan lokal Kewirausahaan. Makalah ini
kami susun dengan kerja sama anggota kelompok dengan tugas yang berbeda-beda. Penyelesaian
makalah ini tidak terlepas dari campur tangan berbagai pihak, oleh karena itu
kami sampaikan ucapan terima kasih kepada :
1. Bapak Drs. I Ketut Samudra, ST., M.Pd., selaku guru muatan lokal kewirausahaan yang telah membimbing kami dalam pembuatan maket Rumah Adat Joglo dan pembuatan program pada arduino.
2. Bapak Ruslan, S.Kom., sebagai guru TIK yang telah membimbing kami dalam penyelesaian penulisan makalah ini.
1. Bapak Drs. I Ketut Samudra, ST., M.Pd., selaku guru muatan lokal kewirausahaan yang telah membimbing kami dalam pembuatan maket Rumah Adat Joglo dan pembuatan program pada arduino.
2. Bapak Ruslan, S.Kom., sebagai guru TIK yang telah membimbing kami dalam penyelesaian penulisan makalah ini.
3. Ibu
Christine Soemawartini, S.Pd., selaku guru Bahasa Indonesia yang telah
membimbing kami dalam menentukan langkah-langkah membuat makalah yang baik dan
benar.
Kami menyadari bahwa makalah yang kami buat ini masih belum sempurna. Kami memohon
bantuan dari pembaca dan pembina untuk memberikan kritik dan saran yang membangun terhadap
makalah ini agar dapat menjadi masukan bagi kami untuk kedepannya. Atas perhatian yang telah
diberikan, kami ucapkan terima kasih.
Kami menyadari bahwa makalah yang kami buat ini masih belum sempurna. Kami memohon
bantuan dari pembaca dan pembina untuk memberikan kritik dan saran yang membangun terhadap
makalah ini agar dapat menjadi masukan bagi kami untuk kedepannya. Atas perhatian yang telah
diberikan, kami ucapkan terima kasih.
Surabaya, 30 Oktober 2017
Kelompok
DAFTAR ISI
Halaman Sampul
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan
D. Manfaat
E. Batasan Istilah
BAB II :
KAJIAN PUSTAKA
A. Rumah Adat Joglo
B. Mikrokontroller
C. Bahasa Pemrograman
D. Konsep Kerangka Berpikir
BAB III : PERENCANAAN PEMBUATAN
PROYEK
A. Rumah Joglo
B. Alat dan Bahan Proyek
C. Bog Diagram Proyek
D. Cara Kerja Proyek Umum
BAB IV : ANALISIS DATA PROYEK
A. Spesifikasi Proyek
B. Kinerja Proyek
C. Lampiran Program Turbo C++
versi Arduino
BAB V : KESIMPULAN
1. Kesimpulan
2. Kesan dan Saran
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Warisan kebudayaan merupakan hal yang sangat penting untuk
diingat dan dilestarikan. Melestarikan warisan kebudayaan dilakukan secara
turun temurun dari generasi ke generasi berikutnya. Salah satu warisan budaya
yang ada hingga saat ini adalah rumah adat. Rumah adat yang menjadi simbol provinsi
Jawa adalah rumah Joglo. Generasi muda saat ini diharapkan mampu menjaga dan melestarikan
peninggalan budaya yang ada melalui karya kretivitas di bidang pendidikan
ataupun bidang lainnya. (Harapan)
Kenyataan yang ada saat ini adalah generasi muda
banyak yang melupakan budaya yang ada. Efek globalisasi dan banyaknya budaya
luar yang masuk ke Indonesia mengakibatkan posisi budaya asli negeri ini
terlupakan dan digantikan oleh budaya luar. Generasi muda juga banyak yang
tidak mengetahui warisan rumah adat provinsinya. (Kenyataan)
Berdasarkan kenyataan yang ada, kelompok kami mencoba
membuat sebuah proyek tentang rumah adat Joglo yang merupakan rumah adat di
Provinsi Jawa Timur. Rumah adat ini akan dihiasi dengan lampu-lampu LED yang
nyalanya akan diatur oleh program Arduino. Tidak hanya itu, rumah adat Joglo
ini juga dilengkapi dengan lagu-lagu daerah dari Indonesia. Rumah adat Joglo
ini akan dibuat dalam bentuk maket dan dapat menjadi sarana pengetahuan budaya
bagi generasi muda saat ini. (Solusi)
B.
RUMUSAN
MASALAH
1. Bagaimana cara merancang maket rumah Joglo yang baik?
2. Bagaimana cara memasang lampu LED dan speaker dalam rumah Joglo yang disambungkan dengan mikrokontroller?
3. Apa manfaat dan tujuan dari pembuatan maket rumah Joglo ini?
1. Bagaimana cara merancang maket rumah Joglo yang baik?
2. Bagaimana cara memasang lampu LED dan speaker dalam rumah Joglo yang disambungkan dengan mikrokontroller?
3. Apa manfaat dan tujuan dari pembuatan maket rumah Joglo ini?
C.
TUJUAN
1. Mengetahui cara pembuatan maket rumah Joglo yang baik.
2. Mengetahui cara memasang dan menggunakan program untuk lampu LED dan speaker yang dipasang di rumah Joglo ini.
3. Mengetahui manfaat yang didapat dari pembuatan rumah Joglo ini.
1. Mengetahui cara pembuatan maket rumah Joglo yang baik.
2. Mengetahui cara memasang dan menggunakan program untuk lampu LED dan speaker yang dipasang di rumah Joglo ini.
3. Mengetahui manfaat yang didapat dari pembuatan rumah Joglo ini.
D.
MANFAAT
1. Bagi kelompok : Dapat menambah pengetahuan dan wawasan cara membuat maket rumah Joglo yang baik dan mengetahui cara memprogram aksesoris dalam rumah Joglo.
2. Bagi pembaca : Menambah informasi kepada pembaca tentang cara membuat makalah dan maket yang baik dan benar.
3. Bagi sekolah : Terpenuhinya kriteria untuk penilian ujian praktik dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, TIK dan muatan lokal Kewirausahaan.
E. BATASAN ISTILAH
Rumah adat adalah bangunan yang memiliki ciri khas dan digunakan sebagai hunian bagi masyarakat suku tertentu.
Joglo adalah rumah adat yang berasal dari Jawa Tengah.
1. Bagi kelompok : Dapat menambah pengetahuan dan wawasan cara membuat maket rumah Joglo yang baik dan mengetahui cara memprogram aksesoris dalam rumah Joglo.
2. Bagi pembaca : Menambah informasi kepada pembaca tentang cara membuat makalah dan maket yang baik dan benar.
3. Bagi sekolah : Terpenuhinya kriteria untuk penilian ujian praktik dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, TIK dan muatan lokal Kewirausahaan.
E. BATASAN ISTILAH
Rumah adat adalah bangunan yang memiliki ciri khas dan digunakan sebagai hunian bagi masyarakat suku tertentu.
Joglo adalah rumah adat yang berasal dari Jawa Tengah.
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A.
Rumah
Adat Joglo
Rumah adat Joglo adalah rumah adat yang berasal dari
Provinsi Jawa Tengah. Rumah adat Joglo memiliki kerangka bangunan utama yang
terdiri dari soko guru yang berupa empat tiang utama penyangga struktur
bangunan serta tumpang sari yang berupa susunan balok yang disangga soko guru.
(Zulfa Azizah, 2014)
Rumah Joglo adalah rumah adat Jawa Tengah yang
dibangun berlandaskan keyakinan atau filosofi Jawa. Penyebutan rumah Joglo
terjadi akibat bentuk atap rumah Joglo yang menyerupai dua gunung atau tajug
loro (Juglo) dan berkembang penyebutannya menjadi Joglo. Penggunaan gunung
diyakini oleh masyarakat Jawa sebagai tempat suci. (Cheri Lisa, 2017)
Rumah adat Joglo adalah rumah adat Jawa Tengah. Rumah
ini mempunyai ciri khas yaitu atapnya yang tinggi. Biasanya, rumah Joglo
memiliki gebyog (tembok kayu) yang
digunakan untuk membatasi tempat tidur tuan rumah dan tamu. (Arif Rakhmat
Hidayat, 2016)
B.
Microcontroller
Microcontroller
adalah sebuah chip yang berfungsi sebagai pengontrol rangkaian elektronik dan
umumnya dapat menyimpan data di dalamnya. Data-data tersebut umumnya terdiri
dari CPU, memori, I/O tertentu dan unit pendukung seperti Analog to Digital
Converter (ADC). (Ahmad Naziq, 2012)
Microcontroller
adalah sebuah sistem komputer fungsional dalam sebuah chip. Di dalamnya
terkandung sebuah inti prosesor, memori (sejumlah kecil RAM, memori program,
atau keduanya) dan perlengkapan input output. (Marwan Ramdhany, 2012)
Microcontroller
merupakan komputer didalam chip yang digunakan untuk mengontrol peralatan
elektronik yang menekankan efisiensi dan efektifitas biaya. Secara harfiahnya, bisa
disebut “pengendali kecil” dimana sebuah sistem elektronik yang sebelumnya
banyak memerlukan komponen-komponen pendukung seperti IC TTL dan CMOS dapat
direduksi/diperkecil dan akhirnya terpusat serta dikendalikan oleh microcontroller
ini. (Esti Yuliana, 2011)
C.
Bahasa
Pemrograman
Bahasa pemrograman merupakan suatu himpunan dari
aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer.
Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data
mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan
disimpan/diteruskan dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam
berbagai situasi. (Intan Oktavianti, 2014)
D.
Kerangka
Konsep Berpikir
BAB III
PERENCANAAN PEMBUATAN PROYEK
A.
RUMAH
ADAT JOGLO
Maket yang
berbentuk Rumah Adat Joglo ini dibuat menggunakan susunan stik es krim yang di
tata sedemikian rupa agar membentuk rumah adat tersebut. Rumah adat tersebut
memiliki dua tingkat bangunan dan bentuk atap yang menumpuk- numpuk. Di teras
rumah adat tersebut juga terdapat halaman yang juga terbuat dari stik eskrim.
Di rumah adat tersebut juga terdapat beberapa LED sebagai lampu penerangan
rumah adat tersebut. Akan ditambahkan speaker juga untuk menambahkan kesan
kedaerahannya saat melihat maket tersebut.
B.
ALAT
DAN BAHAN
1)
MekanikProyek
a. Stik es krim
b. Lem tembak, Lem super
c. Cutter, gunting
d. Assesoris
a. Stik es krim
b. Lem tembak, Lem super
c. Cutter, gunting
d. Assesoris
2) Elektronika
a. Mikrokontroller Arduino At-Mega 328
b. Led dan Resistor
c. Kabel, timah solder
a. Mikrokontroller Arduino At-Mega 328
b. Led dan Resistor
c. Kabel, timah solder
C.
BOG
KINERJA PROYEK
Hasil
yang diinginkan dari pembuatan maket diperkirakan seperti gambar di bawah ini :
D.
CARA
KERJA PROYEK UMUM
Cara kerja maket kami cukup mudah. LED dan speaker
yang telah tersambung pada Arduino akan di setting program dan disambungkan
dengan tombol on/off. Saat orang akan melihat-lihat rumah kami, tombol on
tinggal ditekan dan nanti LED dan speaker akan menyala dan untuk mematikan
hanya perlu menekan tombol off.
BAB IV
ANALISIS DATA PROYEK
A.
SPESIFIKASI
MAKET
Ø
Spesifikasi
Rumah Joglo akan dirancang dengan ukuran yang lebih kecil dengan ukuran :
Luas
alas : 30 x 30 cm
Tinggi
rumah : 22 cm
Lebar
rumah : 20 cm
Panjang
rumah : 35 cm
Panjang
atap : 24 cm
Tinggi
atap : 22 cm
Ø
Spesifikasi
Bahan
Steak
Es Krim yang terbuat dari kayu sebanyak 1000 batang
Lem
merk G
Lem
tembak
Ø
Spesifikasi
Alat Listrik
Mikrontroler Type Atmega328
Lampu LED, 1/4 watt, 2 volt
Resistor Gip 1/2 watt nilai 220 Ohm
Kabel nja engkel ukuran kecil serabut (warna merah,
hitam, biru, kuning dan hijau)
Timah ukuran 40x60
Tombol push on
Speaker
B.
KINERJA
PROYEK
Kelebihan
Proyek
Rumah
Joglo yang akan kami buat merupakan sebuah contoh perpaduan dari rumah biasa
dengan
rumah adat Jawa Tengah yang dapat dilihat dari atapnya. Rumah Joglo
dapat menjadi suatu
gambaran perpaduan antara ciri modern dan budaya yang ada. Tidak
hanya itu, ornamen
pendukung seperti speaker juga akan memperdengarkan
lagu-lagu khas Indonesia.
Kekurangan
Proyek
Bentuk
rumah yang tidak sepenuhnya seperti Rumah Joglo.
C.
LAMPIRAN
PROGRAM TURBO C++ VERSI ARDUINO
Tuliskan program C++ yang diupload ke
memori chip Arduino dan penjelasaan program
dibelakang tanda //
int
lampu1=2;
//led1 dipasang dipin2 arduino
int
lampu2=3; //
led3 dipasang di di pin 3
int
tombol=4; // tombol di pasang dipin 4
int kipas=5; // kipas di pasang dipin 5
int lampudisko=6; // lampudisko di pasang
dipin 6
int x;
// x diseting sebagai bilangan bulat
void setup () { //
seting semua pin arduino di bawah
pinMode
(lampu1,OUTPUT); // pin 2 di
setting sebagai OUTPUT
pinMode
(tombol,INPUT); // pin 2 di
setting sebagai INPUT
pinMode
(lampu3,OUTPUT); // pin 3 di
setting sebagai OUTPUT
pinMode
(lampudisko,OUTPUT); // pin6 di setting
sebagai OUTPUT
pinMode
(kipas,OUTPUT); // pin 5 di
setting sebagai OUTPUT
……………….
……………….
……………….
void loop (){ //
jalankan semua program di bawah secara berulang-ulang
x=digitalRead(tombol); // baca kondisi tombol, hasilnya
dijadikan nilai x (if (x==1)
digitalWrite(lampu1,HIGH); //kirim tegang tinggi 5 volt ke pin2
atau nyalakan lampu1
digitalWrite(lampu2,HIGH); //kirim tegangan tinggi 5 volt ke pin3
atau nyalakan lampu2
digitalWrite(kipas,HIGH); //kirim tegangan tinggi 5 volt ke
pin 5 atau nyalakan kipas
digitalWrite(lampudisko,HIGH);
//kirim tegangan tinggi 5 volt ke pin6 atau nyalakan lampu disko
}
else
{
//selain di atas eksekusi program di bawah
digitalWrite(lampu2,LOW); //nyalakan lampu 2
digitalWrite(kipas,LOW); //nyalakan kipas angin atau ac
digitalWrite(lampudisko,LOW); //nyalakan lampudisko
delay(500); //tahan nyala
lampu1 selama setengah detik
}
BAB V
KESIMPULAN
A.
KESIMPULAN
Dari apa yang telah dijelaskan pada bab I hingga bab IV dapat
disimpulkan bahwa Rumah Joglo yang kelompok kami buat dapat menjadi salah satu
contoh adanya perpaduan dari budaya modern dengan budaya asli Indonesia. Kelompok
kami mengharapkan bahwa generasi muda dapat kreatif dalam membuat proyek
seperti ini tetapi tetap mengingat kebudayaan yang dimiliki oleh bangsanya
sehingga kebudayaan yang ada tetap lestari.
B.
KESAN
DAN SARAN
1. KESAN
Melalui
proyek ini, kami dapat lebih mengasah kreatifitas kami dalam menentukan ide
maupun
dalam proses pembuatan maket. Selain itu, kami juga dapat belajar
bekerja sama dengan baik
agar proyek kami dapat terselesaikan. Proyek seperti ini
merupakan metode yang bagus untuk
mengasah kemampuan beranalisis siswa agar
proyek yang dibuat dapat berguna bagi masa
depan dan bagi masyarakat.
2. SARAN
Untuk
kedepannya, diharapkan pembimbing mampu membimbing satu persatu kelompok
dengan
baik agar proyek dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu.
SUMBER PUSTAKA
Bagus sekali, teruskan bro. Usahakan sebelum desember sudah bisa ujian prakti 3 mata pelajaran. Realisasi maket atau miniatur nya
BalasHapusBagus, sebaiknya hari ini pukul 24.00 sampai BAB II
BalasHapusMaket sdh 40% dan makalah 25% nilai progres 100
BalasHapusBagus sekali, jangan lupa gambar skema kerangka konsep berpikir! Rumah joglo usahakan ada joglo nya
BalasHapusBagus, nilai 90
BalasHapusBagus, nilai 90
BalasHapus